SMAN 3 Bantul

SELAMAT DATANG DI SEKOLAH KAMI

Dokumentasi : Instagram @arditya.tri.harsono

SMA Negeri 3 Bantul merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang berada di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekolah ini merupakan sekolah alih fungsi dari SPG Negeri Bantul yang memiliki sejarah sebagai berikut : Tanggal 5 Agustus 1959 SPG Negeri Bantul berdiri dengan SK pendirian Nomor 39/SK/B. III berlokasi di sebelah selatan Kantor Pemerintah Daerah (Pemda) Bantul. Setelah 32 tahun berjalan dan kebutuhan Pemerintah atas SPG sudah cukup, maka melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nomor 0519/D/1991 tertanggal 5 September 1991 SPG Negeri Bantul dialih fungsikan menjadi SMA Negeri 3 Bantul yang berlokasi di dusun Gaten Trirenggo, Bantul hingga saat ini.

SMA Negeri 3 Bantul Memiliki

Visi

“Terbentuknya sekolah yang Berkarakter, Berprestasi,  Berbudaya, dan Ramah lingkungan”

Misi

  1. Menanamkan 6 (Enam) nilai karakter utama Profil Pelajar Pancasila (Bertaqwa, Berkebhinekaan Global, Mandiri, Gotong Royong, Bernalar Kritis, Kreatif)
  2. Membangun pribadi siswa yang kompetitif dalam pembelajaran, Pembimbingan yang berkualitas sehingga sukses dalam olimpiade (KSN, FLSSN, OPSI, FELSI FIKSI) dan seleksi PTN (SNBT, SNBP), TNI/POLRI dan sekolah kedinasan lainnya.
  3. Mengembangkan kepribadian Indonesia dengan budaya Yogyakarta yang ramah anak, santun berperilaku dan bertutur kata dalam kehidupan sehari-hari (5S : Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun)
  4. Menciptakan lingkungan belajar yang rindang, asri dan indah sehingga tercapai hidup sehat baik jasmani maupun rohani.

Sekolah ini memiliki beberapa Fasilitas untuk mendukung kegiatan belajar mengajar diantaranya adalah Ruang Kelas, Perpustakaan “Sekar Jagad”, Panggung Petunjukan, Ruang kesenian, Ruang/Laboratorium komputer, dan Lapangan Olahraga

Perpustakaan Sekar Jagad
Ruang Pertemuan “BOROBUDUR”
Ruang Seni Budaya
Ruang Seni Budaya
Panggung pertunjukan
Laboratorium Komputer
Laboratorium Biologi
Laboratorium Kimia

SMA Negeri 3 Bantul memiliki beberapa kegiatan Ekstrakurikuler guna menunjang bakat dan minat para siswa, diantaranya adalah

Ekstrakurikuler Seni Tari

Pencak Silat

Karate

Sepak Bola

Palang Merah Remaja

Vokal

Seni Musik

Bola Voli

Bola Basket

Pramuka

Karawitan

Selain Ekstrakurikuler diatas, adapula Ekstrakurikuler yang berkaitan dengan Ketrampilan seni Rupa, Ketrampilan Baris berbaris atau biasa dikenal dengan Tonti, Ketrampilan Paduan Suara, Kesehatan Remaja atau yang dikenal dengan Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), Ekstrakurikuler yang berkaitan dengan penulisan dan penelitian Karya Ilmiah Remaja (KIR), Ekstrakurikuler yang berkaitan dengan keterampilan bahasa yaitu Debat Bahasa Indonesia dan Debat Bahasa Inggris serta Ekstrakurikuler yang berkaitan dengan keagamaan yaitu Ekstrakurikuler Seni Baca Alqur’an dan Ekstrakurikuler Hadroh.

Prestasi yang dimiliki oleh siswa siswi SMA Negei 3 Bantul pun telah banyak yang diraih, diantaranya adalah Juara Tingkat Kabupaten, Propinsi, Nasional hingga Internasional.

GURU DAN KARYAWAN SMA NEGERI 3 BANTUL

Itulah tadi sekilas tentang SMA Negeri 3 Bantul.

54 Comments

      1. Alhamdulillah, iya bun, semoga tetap istiqomah ya bun mengemban amanah, salam merdeka belajar dan salam literasi

        Like

      1. Aamiin pak, semoga kondisi segera pulih, agar semua bisa berkegiatan kembali seperti semula

        Like

      1. Semoga prestasi SMA 3 Banrul kedepannya selalu lebih baik…sebagai warna yang lama semenjak berdiri SMA 3 Bantul saya merasa bangga dan berharap SMA 3 Bantul menjadi Sekolah yang berprestasi
        Terima kasih Bu Dinik dengan profil Seni budayanya…maju terus

        Liked by 1 person

      1. Aamiin bun, terimakasih dukungannya pada kami ya bun, doakan semoga selalu membanggakan ya bun

        Like

    1. Alhamdulillah bun, semoga covid 19 segera berlalu, sehingga kita bisa ber kegiatan kembali seperti semula ya bun

      Like

Leave a comment