Jurnal Refleksi mingguan ke-10

Pada kesempatan kali ini saya memilih Model 2: Description, Examination and Articulation of Learning (DEAL)

Model ini dikembangkan oleh Ash dan Clayton (2009). Untuk membuat refleksi model ini, tulislah penjabaran dari pertanyaan panduan berikut: – Description: Deskripsikan pengalaman yang dialami dengan menceritakan unsur 5W1H (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, bagaimana); – Examination: Analisis pengalaman tersebut dengan membandingkannya terhadap tujuan/rencana yang telah dibuat sebelumnya; – Articulation of Learning: Jelaskan hal yang dipelajari dan rencana untuk perbaikan di masa mendatang.

1. Description : 5W1H ( Apa, siapa, di mana, Kapan, mengapa, bagaimana)

Pada hari Selasa, tanggal 2 November 2021, peserta PGP diminta untuk membuat refleksi terbimbing, kami diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang ada di LMS, diantaranya adalah tentang materi yang dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di dalam kelas, dengan menerapkan pembelajaran diferensiasi. Pembelajaran diferensiasi merupakan pembelajaran yang dapat memfasilitasi semua perbedaan murid yang ada di kelas, menanggapi dan memenuhi semua  kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan oleh setiap individu. Pembelajaran diferensiasi haruslah berdasar pada pemenuhan kebutuhan belajar murid dan bagaimana guru merespon kebutuhan belajar tersebut. Kebutuhan murid terdiri dari 3 aspek yaitu: kesiapan belajar (readiness), minat dan profil belajar murid.

Lalu kami juga diminta untuk mencari Hal yang masih sulit diterapkan ketika melakukan pembelajaran diferensiasi, berdasarkan yang saya rasakan dan alami adalah ketika tahap awal saat melakukanpemetaan kebutuhan setiap murid. Karena guru harus benar-benar memahami karakter setiap murid, dengan berbagai perbedaan cara belajar, dan keberagaman yang dimiliki. Maka Pembelajaran dilakukan dengan beragam cara untuk memahami informasi baru bagi semua murid.

Dan kami juga diminta untuk menyebutkan Dukungan yang diperlukan dalam pelaksanaan Pembelajaran berdeferensiasi yaitu dukungan dari siswa, rekan sejawat, kepala sekolah, dan orang tua siswa.

Pada hari yang sama saya memasuki penugasan di Demonstrasi Kontekstual, pada bagian ini PGP diminta untuk membuat RPP yang memuat strategi diferensiasi, diantaranya Diferensiasi Konten, Proses dan Produk, RPP tersebut juga dilengkapi dengan Rubrik Penilaian muali dari penilaian Sikap, Pengetahuan dan Ketrampilan.

Berikut adalah karya demonstrasi kontekstual yang saya buat.

Selain mengunggah tugas pembuatan RPP pada bagian Unggah Tugas, PGP juga diminta untuk memberikan komentar positif pada RPP rekan CGP lain, dengan pemberian komentar tersebut, kita akan belajar untuk dapat menghargai oranglain, dan menerima dengan penuh kesabaran atas masukan yang diberikan oleh CGP lain.

Pada hari Jumat, tanggal 5 November 2021 pukul 16.00-17.40 WIB, kami mengikuti Elaborasi Pemahaman Modul 2.1 Memenuhi kebutuhan belajar murid melalui Pembelajaran berdiferensiasi. Pada bagian ini, kami mendapatkan banyak penjelasan tentang bagaimana Pembelajaran deferiensiasi tersebut, ada beberapa hal yang menarik, bahwa semua Pembelajaran harusnya adalah Berdiferensiasi, dan tidak perlu dituliskan “RPP Berdiferensiasi” karena yang harus ditekankan adalah prosesnya, proses yang sederhana namun bukan berarti mudah, melainkan menantang.

Dalam kegiatan ini saya mendapatkan banyak sekali cerita menarik tentang bagaimana metode pembelajaran berdiferensiasi, apa yang dapat dilakukan untuk melaksanakan Pembelajaran tersebut dan berbagai pertanyaan yang muncul dari rekan CGP lain kepada Instruktur modul ini yaitu Bapak Aditya Dharma.

2. Examination

Dari hasil aktivitas pembelajaran yang telah dilalui alahamdulullah semua dapat tercapai sesuai dengan tujuan yang diharapkan setiap sesinya. Pada modul  2.1.a.7. Demonstrasi Kontekstual –

 saya dapat membuat RPP dengan menerapkan strategi diferensiasi yang didalamnya mengandung Diferensiasi Konten, Proses dan Produk

3. Articulation of Learning

Selanjutnya saya akan coba mengimplementasikan Apa yang telah saya dapatkan pada minggu ini, mendokumentasikannya. RPP pembelaran berdiferensiasi yang telah melalui proses review dan revisi. Selain saya akan menshare pengetahuan dan pengalaman yang telah saya kuasai dan lalui dari aktivitas pembelajaran kepada guru-guru lain di sekolah saya. Harapannya bahwa perubahan tidak hanya terjadi di kelas saya saja akan tetapi semua guru mengalami perubahan ke arah yang lebih baik demi ekosistem pendidikan yang berpihak pada murid. Perubahan dan pergerakan tidak akan maksimal terjadi jika tidak melibat seluruh elemen yang ada di sekolah.

Demikianlah refleksi mingguan ke-10 yang telah saya buat.

Dinik Eksi Ramaniar

CGP Angkatan 3

Kabupaten Bantul

Leave a comment